Cara Mendeteksi Dan Membersihkan Virus Di Android - Portal Android
 

 

Cara Mendeteksi Dan Membersihkan Virus Di Android

Cara Mendeteksi Dan Membersihkan Virus Di Android

Cara Mendeteksi Dan Membersihkan Virus Di Android – Virus sekarang sudah dapat menyebar kemana-mana dan salah satunya adalah ke Android anda. Survey telah membuktikan bahwa sudah ada sekitar 47.000 jenis malware didunia maya yang dapat menyerang Android anda. Malware tersebut bisa jadi diciptakan oleh cybercrime atau penjahat internet didunia.

Cara Mendeteksi Dan Membersihkan Virus Di Android

Mungkin salah satu dari malware adalah pengguna smartphone diarahkan atau tiba-tiba terhubung di sebuah website, iklan atau link link lainnya yang dapat membuat kita merasa terganggu dengan pop-up atau advertisement tersebut.

Lalu, bagaimana cara mengetahui Android kita yang terinfeksi oleh virus? Kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara mengidentifikasi virus pada Android anda. Mungkin ada banyak cara untuk mengidentifikasi virus, dan ada banyak cara untuk mencegah virus masuk dalam Android anda.

Langkah pertama

Menginstall atau menjalankan aplikasi Antivirus untuk Android anda, supaya virus virus dalam Android anda dapat terdeteksi dan dihapus oleh antivirus tersebut. Di Google Play atau di Play Store ada banyak aplikasi Antivirus dengan berbagai macam nama, seperti AVAST Mobile Security, CM Security, AVG AntiVirus, Security, Kaspersky Internet Security dan masih banyak lagi. Setelah anda menginstall salah satu antivirus tersebut, anda dapat melakukan ke proses scanning.

  1. Avast mobile (download)
  2. CM Security   (download)
  3. AVG AntiVirus (download)

 

Proses scanning dapat mengidentivikasi virus yang terdapat di Android anda, setelah proses scanning selesai, saatnya anda melakukan pembersihan virus yang teridentifikasi.

Langkah kedua

Hapus atau Uninstall aplikasi terinfeksi atau yang kiranya membawa virus. Caranya masuk ke pengaturan > aplikasi > atur aplikasi > pilih aplikasi yang akan anda hapus, kemudian Uninstall. Jika langkah kedua ini masih ada tanda tanda virus, mungkin handset anda terinfeksi virus. Kasus ini dapat anda perbaiki dengan melakukan factory data reset (reset data pabrik).

Langkah ketiga

Langkah ketiga yaitu melakukan pengaturan awal. Pengaturan awal ini adalah langkah darurat bagi virus virus berbahaya yang tidak bisa diidentifikasi atau dihapus. Sebelum melakukan langkah ini, lebih baik anda mem-backup semua file file yang kiranya penting pada Android anda, kedalam computer atau lainnya. Karena jika tidak anda backup terlebih dahulu, otomatis semua file anda akan hilang.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *